Membahas Tentang Kuliner Masakan Lezat

Makanan Populer di Palestina Yang Harus Kamu Coba

Makanan Populer di Palestina Yang Harus Kamu Coba

Makanan Populer di Palestina Yang Harus Kamu Coba – Makanan Palestina mencerminkan sejarah panjang dan kekayaan budaya dari wilayah ini yang terletak di perbatasan Timur Tengah. Dapur Palestina menggabungkan pengaruh Mediterania, Timur Tengah, dan Afrika Utara, menciptakan hidangan-hidangan yang kaya rasa dan beragam bahan.

Beberapa Makanan Populer di Palestina

1. Musakhan

Musakhan adalah hidangan tradisional Palestina yang terdiri dari ayam panggang yang di sajikan di atas roti tabun (roti Arab tipis yang besar) yang dioleskan dengan minyak zaitun dan ditaburi dengan bawang putih, pinenut, dan sumak. Hidangan ini sangat populer pada acara-acara sosial dan keluarga besar di Palestina.

2. Mansaf

Mansaf adalah hidangan nasional Yordania yang juga sangat populer di Palestina, terutama di daerah pedesaan. Hidangan ini terdiri dari daging kambing atau domba yang dimasak dalam saus yogurt kental yang biasanya diolah dengan ghee atau mentega. Mansaf biasanya di sajikan di atas nasi dan di hiasi dengan kacang almond dan potongan parsley segar.

3. Maqluba

Maqluba secara harfiah berarti “terbalik” dalam bahasa Arab, mengacu pada cara penyajiannya. Hidangan ini terdiri dari lapisan nasi, daging (biasanya ayam atau daging domba), dan sayuran seperti kubis, kentang, dan terkadang terong, semuanya dimasak bersama-sama dalam panci besar. Setelah di masak, hidangan ini dibalik sehingga lapisan nasi berada di bagian atas. Maqluba biasanya disajikan dengan yogurt atau saus tomat.

4. Falafel

Meskipun falafel di temukan di seluruh Timur Tengah, ini adalah camilan yang sangat populer di Palestina. Falafel terbuat dari kacang-kacangan yang dihancurkan (biasanya kacang Arab atau kacang garbanzo), yang di campur dengan rempah-rempah seperti daun peterseli, bawang putih, dan jintan. Kemudian adonan ini di goreng hingga kecokelatan dan disajikan dengan roti pita, hummus, sayuran segar, dan saus tahini.

Baca juga : Rekomendasi Makanan Khas Brazil Yang Lezat, Wajib Coba

5. Hummus

Hummus adalah hidangan kacang-kacangan yang terkenal di seluruh dunia, tetapi di Palestina, ini adalah hidangan pembuka yang umum disajikan dengan roti pita hangat. Makanan ini terbuat dari kacang Arab yang di hancurkan, di campur dengan jus lemon, tahini (pasta biji wijen), bawang putih, dan garam. Variasi hummus dapat mencakup tambahan seperti paprika, zaitun, atau potongan-potongan daging domba panggang.

6. Tabbouleh

Tabbouleh adalah salad segar yang terdiri dari sejumlah besar daun peterseli yang di iris halus, tomat segar, bawang hijau, mentimun, dan daun mint. Hidangan ini di bumbui dengan jus lemon segar, minyak zaitun, garam, dan lada hitam. Tabbouleh sering di sajikan sebagai pembuka atau sebagai sisi dari hidangan utama di Palestina.

7. Knafeh

Knafeh adalah makanan penutup yang sangat populer di Palestina. Hidangan ini terdiri dari lapisan tipis dari semacam kue kering yang di sebut kataifi, yang di isi dengan keju (biasanya keju Nabulsi atau ricotta), dan kemudian di rendam dalam sirup gula yang manis. Knafeh sering di sajikan panas dan sering di hiasi dengan kacang-kacangan panggang atau pistachio.

8. Labneh

Labneh adalah yogurt yang di kentalkan dan di saring, menciptakan tekstur yang lebih padat dan krimi daripada yogurt biasa. Makanan ini sering di sajikan sebagai hidangan pembuka dengan di siram minyak zaitun dan di taburi dengan daun mint atau biji wijen panggang. Roti pita atau sayuran segar sering di sajikan bersama labneh.

9. Makloubeh

Makloubeh adalah hidangan nasi yang sering di sebut sebagai versi Palestina dari Maqluba. Hidangan ini terdiri dari lapisan nasi, daging (biasanya ayam atau domba), dan sayuran seperti terong, kentang, dan kubis. Setelah di masak, hidangan ini di balik sehingga lapisan nasi berada di bagian atas. Makloubeh sering di sajikan dengan yogurt atau saus tomat.

10. Za’atar

Za’atar adalah campuran rempah-rempah khas yang sering di gunakan di seluruh Timur Tengah, termasuk Palestina. Campuran ini terdiri dari biji wijen, thyme kering, oregano, dan sumac. Za’atar sering di sajikan sebagai taburan atas roti pita dengan minyak zaitun, atau sebagai campuran dengan labneh untuk hidangan pembuka.

Makanan Palestina mencerminkan sejarah panjang dan warisan budaya yang kaya dari wilayah ini. Dari hidangan-hidangan tradisional seperti musakhan dan mansaf yang di persiapkan untuk acara khusus hingga camilan sehari-hari seperti falafel dan hummus yang bisa di nikmati di pasar-pasar kota, kuliner Palestina menawarkan rasa yang autentik dan beragam. Jika Anda mencari pengalaman kuliner yang mendalam dan mengesankan, mencoba makanan khas Palestina adalah pilihan yang sangat baik untuk memahami lebih dalam tentang budaya dan kehidupan sehari-hari di wilayah ini.

Exit mobile version